Apa Itu Wakaf Hasanah? Yuk Kenalin Lebih Dekat

06 Jul 2018
  Sobat Hasanah ada yang sudah bergabung ke program Wakaf Hasanah? Atau baru denger soal program ini? Buat yang baru tahu atau baru denger, enggak usah khawatir, kita bakal kasih ni info lengkapnya.
  Nah, kalau ada yang nebak program ini ada kaitannya dengan aktivitas wakaf dalam Islam, yap bener banget. Wakaf Hasanah merupakan cara pembayaran wakaf, yang dikelola lebih modern. Sobat Hasanah enggak perlu berwakaf pakai tanah atau properti, tapi cukup pakai uang. Hah? Emang bisa, ya? Oh, tentu bisa banget, dong, dan wakaf tunai dengan uang ini juga sah dalam syariat Islam. Mau tahu lebih jauh tentang program ini? Yuk, dikepoin.
  Wakaf Hasanah adalah layanan digital dari BNI Syariah. Layanan ini berguna banget buat Sobat Hasanah yang ingin mewakafkan harta benda sobat secara produktif dan digunakan untuk kepentingan umat, satu lagi yang pasti, layanan ini sesuai dengan prinsip syariah Islam. Nah, biar Sobat Hasanah makin yakin untuk berwakaf lewat Wakaf Hasanah, perlu banget buat tahu visi, misi, dan latar belakangnya nih, simak yuk :

Visi dan Misi
  BNI Syariah merupakan perintis pengembangan wakaf produktif nasional yang pelaksanaannya berdasarkan pada Al Qur’an. Sebagaimana firman Allah, “Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apapun yang kamu infakkan tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui.” (QS. Ali Imron: 92).

Latar Belakang
  Layanan Wakaf Hasanah BNI Syariah ini enggak cuma punya visi dan misi yang berdasar pada prinsip syariah, lho. Tapi juga punya dasar dan latar belakang yang berpedoman pada perundang-undangan nasional yang berlaku, keren banget, kan? Apa aja sih, landasan legalnya?
1. UU No. 41 Tahun 2004 tentang Wakaf.
2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 42 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan UU No. 41 Tahun 20014 tentang Wakaf.
3. Peraturan Badan Wakaf Indonesia No. 1 Tahun 2009 tentang Pedoman Pengelolaan dan Pengembangan Harta Benda Wakaf Bergerak Berupa Uang.
4. Peraturan Badan Wakaf Indonesia No. 2 Tahun 2009 tentang Pedoman Penerimaan Wakaf Uang Bagi Nadzir Badan Wakaf Indonesia.
5. Penunjukan BNI Syariah sebagai salah satu LKS PWU dengan PKS No. BNI USY/3.1/36/2009 tanggal 27/10/2016 dan No. BWI05/BWI/MoU/VIII/2009
6. Landasan Hasanah Way yang memberikan kebermanfaatan dunia dan akhirat bagi stakeholder.
7. Enggak cuma dilatarbelakangi perundang-undangan yang berlaku, layanan Wakaf Hasanah ini juga dilatarbelakangi tujuan untuk dapat memberdayakan wakaf sebagai salah satu instrumen yang membangun kehidupan sosial ekonomi umat Islam.

Beragam Program Wakaf Hasanah
  Wakaf Hasanah enggak cuma mkasih pelayanan sesuai syariah, tapi juga profesional, lho, kok bisa? Karena Wakaf Hasanah bekerjasama dengan beberapa Nazhir (pengelola wakaf) yang memang sudah terpercaya, amanah, profesional, dan legal buat menyalurkan wakaf produktif dari Sobat Hasanah.
  Di Wakaf Hasanah ini enggak cuma ada fasilitas penyaluran wakaf berupa uang tunai aja lho, tapi Sobat hasanah juga bisa berwakaf Al-Quran lewat Wakaf Hasanah ini. Wakaf Al-Quran ini nantinya bakal disalurkan buat para Mauquf Alaihi (orang yang berhak menerima wakaf) yang memang bener-bener membutuhkan, seperti ke musala, masjid, pesantren, atau rumah tahfidz.
  Enggak cuma itu, Wakaf Hasanah juga punya banyak proyek wakaf dari lembaga Nazhir yang bisa Sobat Hasanah pilih. Dan yang lebih menarik lagi, buat pembayaran wakaf lewat Wakaf Hasanah, Sobat Hasanah bisa melakukannya di mana aja dan kapan aja. Bisa lewat channel e-Banking BNI Syariah, website Wakaf Hasanah, juga lewat aplikasi Wakaf Hasanah yang bisa diunduh lewat playstore. Jadi Sobat Hasanah bisa berwakaf sambil hang out sama temen-temen, atau sambil santai baca buku. Gampang banget, kan?
  Di website Wakaf Hasanah ini, selain Sobat Hasanah bisa tahu program wakaf apa saja yang sedang berjalan dari lembaga Nazhir, Sobat Hasanah juga bisa lihat laporan berapa sih dana yang sudah terkumpul dan gimana performance progress dari wakaf produktif yang dikembangin masing-masing lembaga Nazhir minimal tiap 3 (tiga) bulan sekali.
  Sekarang sudah ada 17 lembaga Nazhir yang kerjasama bareng Wakaf Hasanah BNI Syariah, beberapa diantaranya seperti Yayasan Rumah Zakat, Global Wakaf, Yayasan Dompet Dhuafa, Badan Wakaf Indonesia, dan Yayasan Pesantren Al-Azhar.
  Buat Sobat Hasanah yang ingin berwakaf lewat Wakaf Hasanah enggak usah khawatir bakal dipersulit dengan macem-macem prosedur, karena BNI Syariah udah nyediain layanan digital yang bisa memudahkan Sobat Hasanah buat nyalurin wakaf sesuai pilihan, pakai gadget atau smartphone di mana aja dan kapan aja. Karena sekarang lewat Wakaf Hasanah bikin semua orang bisa berwakaf.
Tebar manfaat dan berdayakan sesama dengan Wakaf, Bergerak Sekarang dan Berkembang bersama !