Kerjasama Wakaf Hasanah dengan BWI dan OJK

01 Sep 2019
  Tahu enggak, sih, Sobat Hasanah kalau Wakaf Hasanah sudah bekerja sama dengan BWI dan OJK? Dalam layanan Wakaf Hasanah BNI Syariah ini, ada kegiatan dimana BNI Syariah menarik dana masyarakat kemudian mengumpulkannya dalam satu wadah. Makanya, BNI Syariah menjalin kerjasama dengan Badan Wakaf Indonesia (BWI) sebagai regulator resmi bidang wakaf di Indonesia, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang punya fungsi dalam penyelenggaraan sistem pengawasan dan pengaturan yang terintegrasi berkaitan dengan kegiatan di dalam sektor keuangan.
  Nah, dari jalinan kerjasama dengan Badan Wakaf Indonesia inilah, kemudian menghasilkan keputusan tentang penunjukan BNI Syariah sebagai LKS PWU yang punya hak dalam pelaksanaan wakaf uang berjangka dan wakaf uang abadi.
  Trus, kenapa sih, harus bekerjasama dengan BWI dan OJK? BWI adalah badan independen yang dibentuk untuk mengurusi regulasi pengelolaan wakaf di Indonesia berdasarkan pada UU No. 41 tentang Wakaf. Semua pengelolaan dana wakaf harus dapat izin dari BWI. Kenapa harus begitu? Tujuannya agar pengelolaan wakaf di Indonesia enggak menyimpang dari aturan perundang-undangan yang udah ada, enggak cuma berdasarkan pada syariat Islam, tapi juga sistem perundang-undangan nasional. Makanya, semua nazhir yang bekerja sama dengan BNI Syariah harus punya izin juga dari Badan Wakaf Indonesia.
  Apalagi wakaf adalah dana umat yang harus dijaga dan digunakan buat kepentingan umat. Jangan sampai karena niat buruk dari satu oknum bikin masyarakat malas dan enggak mau berwakaf. Makanya, kerjasama dengan pihak BWI ini penting banget buat dilaksanain.
  Sobat Hasanah pasti bertanya-tanya, kalau udah bekerja sama dengan BWI, kenapa, sih, tetap harus bekerjasama dengan OJK juga? Nah, OJK itu kan singkatan dari Otoritas Jasa Keuangan badan ini berdiri karena punya beberapa tujuan yang salah satunya mengawasi alur keuangan di Indonesia. Karena Wakaf Hasanah naungan BNI Syariah ini menghimpun dana dari masyarakat yang jumlahnya enggak sedikit, makanya penting banget buat dapat izin dari OJK. Kalau enggak dapat izin OJK, pengumpulan dana masyarakat dalam jumlah besar itu bisa-bisa dikategoriin sebagai kegiatan ilegal dan melanggar hukum. Daripada terpidana, lebih baik legal biar lancar.
  Selain legalitas OJK yang super penting itu, kerjasama Wakaf Hasanah dengan OJK juga bikin program ini bisa dilaksanain secara adil, teratur, transparan, bisa diandalkan, dan tentunya sah sesuai undang-undang yang ada. Nah, dengan adanya kerjasama ini, ke depannya diharapkan bisa diwujudin nih sistem wakaf yang stabil dan bisa melindungi kepentingan masyarakat -- khususnya buat para wakif yang udah mewakafkan hartanya di Wakaf Hasanah dari BNI Syariah.
  Makanya, kita udah enggak perlu ragu lagi buat percaya sama Wakaf Hasanah, karena udah terbukti kalau Wakaf Hasanah sangat menjaga amanah kebaikan dan kepercayaan sobat sekalian. Jadi, Sobat Hasanah bisa lebih ngerasa aman dan nyaman buat berwakaf di Wakaf Hasanah. Kalau udah gini, tunggu apa lagi? Cepetan berwakaf!
Tebar manfaat dan berdayakan sesama dengan Wakaf, Bergerak Sekarang dan Berkembang bersama !
Tebar manfaat dan berdayakan sesama dengan Wakaf, Bergerak Sekarang dan Berkembang bersama !