Yuk, Kenali Lebih Dekat Nazhir Wakaf Hasanah

06 Jul 2018
  Sobat Hasanah ingin berwakaf tapi masih bingung saat mau memilih nazhir yang profesional dan amanah? Tenang aja, sekarang Sobat Hasanah bisa berwakaf lewat program Wakaf Hasanah BNI Syariah. Program ini juga bekerja sama dengan nazhir (pengelola zakat) yang enggak cuma profesional, tapi juga legal dan amanah dalam mengelola dan menyalurkan dana wakaf.
  Berwakaf lewat Wakaf Hasanah, Sobat Hasanah punya kebebasan untuk pilih nazhir dan project yang mau diwakafi. Nah, sebelum memilih nazhir, yuk kenali dulu beberapa nazhir yang udah bekerja sama dalam program wakaf hasanah.

1. Badan Wakaf Indonesia
Lembaga negara independen ini dibentuk berdasarkan UU No. 41 Tahun 2004 tentang Wakaf. Badan Wakaf Indonesia ini dibentuk dengan tujuan memajukan dan mengembangkan perwakafan di Indonesia.

2. Lembaga Baitul Maal Hidayatullah
Lembaga ini bergerak dalam penghimpunan dana zakat, infak, sedekah, wakaf, dan hibah, juga dana kemanusiaan serta Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan- perusahaan. Sobat Hasanah enggak perlu khawatir buat milih nazhir ini karena sudah memiliki izin legal berdasar SK Menteri Agama no. 538/2001.

3. Yayasan Wakaf Bani Umar
Yayasan Wakaf Bani Umar adalah lembaga Centre Of Waqf Bani Umar yang khusus mengelola dan mengembangkan wakaf dengan basis wakaf produktif. Yayasan Wakaf Bani Umar berdiri pada 24 April 2015 bertempat di Tangerang Selatan sesuai dengan Akta Notaris No. 16 serta Pengesahan Badan Hukum Yayasan Wakaf Bani Umar sesuai nomor pendaftaran Menkumham 5015050436100042 tanggal 4 Mei 2015.

4. Daarut Tauhid
Nama Daarut Tauhid tentunya udah enggak asing buat Sobat Hasanah, kan? Ya, Daarut Tauhid adalah pesantren di Bandung yang dikelola oleh KH. Abdullah Gymnastiar atau Aa’ Gym. Ternyata Daarut Tauhid enggak cuma pesantren aja, lho. Tapi juga memiliki badan pengelola wakaf. Daarut Tauhid adalah salah satu nazhir profesional dan amanah yang bisa Sobat Hasanah pilih kalau berwakaf di Wakaf Hasanah.

5. Dewan Da’wah Islamiyah (Dewan Da’wah)
Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia (disingkat Dewan Da'wah) berdiri atas inisiatif alm. Bpk DR Mohammad Natsir (terlahir 1908), beliau ini Perdana Menteri NKRI pertama yang menjabat tahun 1950-1951. Hingga kemudian dibentuk Yayasan Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia sebagai lembaga Sosial Keagamaan. Dewan Da’wah juga mengembangkan diri jadi nazhir wakaf, lho, karena Dewan Da’wah udah terdaftar secara resmi di Badan Wakaf Indonesia dengan nomor 31.71.3.1.00020 tanggal 21 Februari 2013.

6. Dompet Dhuafa
Sobat Hasanah, Dompet Dhuafa berdiri dengan Akta Pendirian No. 15 tanggal 11 November 2013 Notaris Edi Priyono, S.H. dengan SK Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor AHU-54861.AH.01.01 Tahun 2013.

7. Global Wakaf
Global Wakaf adalah badan pengelola wakaf yang profesional, amanah, dan punya jangkauan luas. Global Wakaf punya izin pendirian Yayasan: Hj. Ofiayati Sobriyah, SH No. 18 pada tanggal 11 Juli 2013.

8. Rumah Wakaf
Rumah Wakaf udah berdiri sejak 2009 dan jadi Lembaga Wakaf Nasional sejak tahun 2010. Pada tahun 2014, Badan Wakaf Indonesia juga udah menerbitkan izin untuk Rumah Wakaf sebagai Lembaga Pengelolaan Wakaf Tunai, lho.

9. Sinergi Foundation
Sinergi Foundation ialah lembaga independen milik publik yang mengembangkan inovasi sosial pemberdayaan berbasis zakat, infak, sedekah, dan wakaf produktif. Sinergi Foundation punya izin formal berdasar pada Akta Notaris No. 24, tanggal 17 Februari 2011, yang dibuat oleh Notaris Evi Hibridawaty, SH serta diputuskan oleh Kemenkumham Republik Indonesia Nomor: AHU – 5622.AH.01.05.

10. Wakaf Al-Azhar
Wakaf Al-Azhar adalah pengelola wakaf yang dibentuk oleh Yayasan Pesantren Islam (YPI). Wakaf Al Azhar ini mengelola Wakaf produktif. Legalitas aktifitas pengelolaan zakat Wakaf Al Azhar berdasar pada SK YPI Al-Azhar, No. 10/VIIKEP/YPIA-P/1431. 2010.

11. Yayasan Kesejahteraan Madani (Yakesma)
Yakesma melaksanakan pengelolaan wakaf berdasar pada izin nazhir dari Badan Wakaf Indonesia No. 3.3.00102. Proyek Wakaf Tunai produktif yang dilaksanakan oleh Yakesma punya tujuan bisa memberi manfaat untuk umat.

  Nah, itulah beberapa nazhir yang bisa Sobat Hasanah pilih buat mengelola dana wakaf melalui Wakaf Hasanah BNI Syariah. Sobat Hasanah enggak perlu khawatir lagi dengan izin legalitasnya, karena para nazhir tersebut udah mengantongi izin legal berbadan hukum dan tentunya mereka juga udah terbukti dan teruji jujur dan amanah dalam mengelola dana wakaf.
Tebar manfaat dan berdayakan sesama dengan Wakaf, Bergerak Sekarang dan Berkembang bersama !
Tebar manfaat dan berdayakan sesama dengan Wakaf, Bergerak Sekarang dan Berkembang bersama !