Bannner

Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia  (disingkat Dewan Da’wah) didirikan atas inisiatip alm Bpk DR Mohammad Natsir (terlahir 1908), Perdana Menteri NKRI pertama tahun 1950-51*) melalui mushawarah alim ulama dan tokoh-tokoh Nasional dari berbagai kalangan dan daerah tgl 26 Februari 1967. Musyawarah dihadiri oleh unsur unsur  Muhammadiyah,  Persatuan Ummat Islam (PUI) berbasis di Jawa Barat, Mathlaul Anwar (MA) berbasis di Banten, Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) berbasis di Aceh dan Sumatera Barat, Al Jamiatul Washliyah berbasis di Sumatera Utara, Persatuan Islam (PERSIS), Jam’iyah al Irsyad al Islamiyah, Al Syafi’iyah berbasis di Jakarta dan sekitarnya

Dewan Da’wah dalam memperluas kegiatannya diperlukan badan hukum yang berlaku di Indonesia, sehingga dibentuklah Yayasan Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia adalah lembaga Sosial Keagamaan

Dewan Da’wah didirikan untuk membentengi dan membela aqidah dan meningkatkan kefahaman Ummat terhadap nilai-nilai Islam dalam segala aspek kehidupan : Aqidah, Ibadah, Akhlaq dan Muamalah termasuk politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan sebagai sumbangan dan partisipasi mereka yang cerdas dalam membangun kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara melanggengkan NKRI untuk Indonesia seutuhnya. Dewan Da’wah mendirikan lembaga pendidikan dari tingkat TK sampai Perguruan Tinggi, lebih dari 750 masjid dan musalla termasuk mesjid kampus,  Islamic Centre di daerah pedalaman dan terpencil dan  menerima amanah waqaf dari masyarakat untuk membangun dan mengelola mesjid/musalla diperkotaan, pedesaan dan daerah terpencil.

Project Pembangunan Rumah Sakit Khusus Orang Tua Lanjut Usia

Dewan Da’wah menginisiasi program “Pembangunan Rumah Sakit Khusus Orang Tua Lanjut Usia” didasarkan kepada fakta-fakta : Jumlah pasien Orang Tua Lanjut Usia ( Geriatrik ) makin bertambah 1,5% per 5 tahun (data Kemenkes 2014 ). Belum adanya Rumah Sakit Khusus yang melayani pasien Orang Tua Lanjut Usia (Geriatrik), sehingga dengan kondisi fisik yang makin menurun harus bercampur dengan pasien lain yang berusia jauh lebih muda. Serta mengamalkan beberapa ayat-ayat Al Quran dan hadist Rasulullah Salallohu 'Alaihi wa Sallam dalam hal memuliakan Orang Tua Kita (Birrul Walidain) dengan memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna.

INFO LANJUTAN

Project Pengadaan Mushaf Al-Quran, Percetakan Mushaf dan Markaz Al-Quran

Dewan Da’wah menginisiasi program “Percetakan Mushaf Syariah Al Quran” berdasarkan fakta-fakta terkini, diantaranya : Keragunan akan BAHAN BAKU dan PROSES Pencetakan Mushaf Al-Qur’an. Adanya peluang pasar untuk kebutuhan Al Quran secara nasional sebesar 37 juta eks per tahun dan baru terpenuhi sebesar 5 juta eks, mengacu kepada data yang disampaikan oleh sekjen APQI pada lokakarya APQI pada bulan oktober 2016.

INFO LANJUTAN
Kembali ke halaman list nazhir
Top